INDUSTRI SILIKA dan GEOLOGI [2]


       
Pasir silika memiliki sembilan perbedaan. Perbedaan ini meliputi bentuk-bentuk Kristal yang dimilikinya atau bisa disebut dengan istilah polumorphs. Tiga bentuk utama dari Kristal ini membentuk kwarsa yang jauh lebih baik dari bentuk pada umumnya. Bentuk-bentuk serabut memiliki nama umum yakni chalcedony dan termasuk jenis-jenis batu semi-murni seperti agate, onyx dan carnelian. Granular varieties termasuk jasper dan flint. Itu semua merupakan bentuk anhydrous juga – diatomire dan opal.
            Kwarsa merupakan mineral yang paling umum dijumpai berada dalam urutan kedua di dalam kerak bumi. Kwarsa ini ditemukan pada tiga tipe batuan bumi yaitu igneous. Kwarsa merupakan perwujudan dalam bebatuan local, dalam tambang besi sebaik mungkin didalam tanah dan permukaan material diatas kasur baru yang dapat disebut dengan kelebihan beban (Overbunded).
       Dalam praktiknya, produk-produk yang terjual sampai berada ditangan masyarakat merupakan produk-roduk industri dimana dalam penggunaannya menggunakan material pasir silika. Kata “pasir” rupanya menyumbangkan maknanya pada material yang memiliki ukuran kecil (butiran) berkisar antara 0,06 sampai 2,00 milimeter. Silika yang terdapat dalam pasir akan secara normal berada dalam bentuk Kristal kwarsa. Bagi kebanyakan industri, dalam penggunaannya tumpukan murni silika mampu menghasilkan produksi lebih dari 95% silika yang mampu memenuhi harapan. Sehingga kerapkali nilai murni pasir silika sangat diperlukan. Satu hal yang paling penting bahwa pasir silika ini ternyata dapat dihasilkan dari bebatuan, kwarsa dan secara bebas menjadi material tumpukan terpisah. Silika berkualitas dapat ditemukan didalam tumpukan terpisah dan overbunden. Silika pun ditemukan  sebagai veins dari kwarsa dalam bebatuan dan vein ini dapat di ukur ktebalannya. Saat ini, secara ekstrim, kemurnian yang tinggi di eksploitasi dengan penggalian tambang dan Silika jarang diekstrak dengan penambangan yang dilakukan dibawah tanah.
           
Referensi: Silica Sand Mineral Perindustrian - Dr. Kamar Shah Ariffin

ady water

anda tahu bagaimana terbuatnya arang itu ? yaa, arang yang di jual di pasar-pasar dan rame sekali saat idul qurban. arang  di buat dari batok kelapa atau kayu dan di bakar dengan oksigen yang sangat kecil agar tidak hangus semuanya.


selanjutnya arang itu di proses menjadi karbon aktif  untuk penjernih filter air, lebih dikenal dengan karbon aktif tempurung kelapa.

harga karbon aktif tempurung kelapa ini jauh bernilai daripada arang atau tempurung kelapa. karena kegunaan kkarbon aktif  tempurung kelapa ini bisa untuk akuarium /aquarium , untuk filter air .

Pemakai karbon aktif  ini di jakarta, jogja (yogyakarta), surabaya, bandung, balikpapan,  bekasi, bintaro, bogor ,depok, tangerang, cikarang , gresik, malang, samarinda, pekan baru ,palembang.

Kisaran harga karbon aktif tempurung kelapa 12.500 hingga 30.000 tergantung kualitas daya serapnya, kebersihannya, kadar air, kadar abu