Jual Turbidity Meter Murah | KEGUNAAN DAN PRINSIP KERJA TURBIDITY METER


Turbidimeter merupakan sifat optik akibat dispersi sinar dan dapat dinyatakan sebagai perbandingan cahaya yang dipantulkan terhadap cahaya yang tiba. Intensitas cahaya yang dipantulkan oleh suatu suspensi adalah fungsi konsentrasi jika kondisi-kondisi lainnya konstan. Turbidity meter merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mengetahui atau mengukur tingkat kekeruhan air.

Standar pengukuran Kekeruhan mulai dikembangkan tahun 1970-an ketika nephelometri turbidity meter menentukan kekeruhan dengan cahaya. Nephelometri telah diadopsi oleh Metode Standard sebagai pilihan untuk mengukur kekeruhan sensitivitas, presisi, dan penerapan terhadap berbagai ukuran partikel dan konsentrasi. Metode nephelometric dikalibrasi dengan menggunakan suspensi formazin polimer dengan nilai dari 40 unit nephelometric (NTU) adalah kira-kira sama dengan 40.

Prinsip umum dari alat turbidity meter adalah sinar yang datang mengenai suatu partikel ada yang diteruskan dan ada yang dipantulkan, maka sinar yang diteruskan digunakan sebagai dasar pengukuran. Metode pengukuran turbidity meter dapat dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu:
§  Pengukuran perbandingan intensitas cahaya yang dipnatulkan terhadap intensitas cahaya yang datang.
§  Pengukuran efek ekstingsi, yaitu dimana kedalaman cahaya mulai tidak tampak di dalam lapisan medium yang keruh.
§  Instrumen pengukur perbandingan Tyndall disebut sebagai Tyndall meter. Dalam instrumen ini, intensitas diukur secara langsung sedangkan pada nefelometer, intensitas cahaya diukur dengan larutan standar.

Ada tiga jenis turbidity meter umum yang dipakai sekarang. Ada yang disebut sebagai bench top, portable, dan on-line instruments. Bench top dan portabel turbidity meter digunakan untuk menganalisa sampel pada unit Bench biasanya digunakan sebagai instrumen stasioner laboratorium dan tidak dimaksudkan untuk jenis portabel. On-line instrumen biasanya dipasang di lapangan dan terus-menerus menganalisis sampel aliran.

Pengukuran dengan unit ini membutuhkan prosedur yang ketat untuk pabrik agar mengurangi udara dalam gelembung sampel dan partikel. Penggunaan alat turbidity meter ini yaitu untuk menyimpan sampel standar pada botol sampel. Sebelum alat ini digunakan terlebih dahulu harus diset, dimana angka yang tertera pada layar harus 0 atau dalam keadaan netral, kemudian lakukan pengukuran dengan menyesuaikan nilai pengukuran dengan cara memutar tombol pengatur hingga nilai yang tertera pada layar pada turbidity meter sesuai dengan nilai standar.

Setelah itu sampel dimasukan pada tempat pengukuran sampel yang ada pada turbidity meter, hasilnya dapat langsung dibaca skala pengukuran kekeruhan yang tertera pada layar dengan jelas. Akan tetapi pengukuran sampel harus dilakukan sebanyak 3 kali dengan menekan tombol pengulangan pengukuran untuk setiap pengulangan agar pengukuran akurat.
Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
022 723 8019
022 6372 4915
0856 2476 9005
0821 4000 2080 (Fajri)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)

e-mail: adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat 11480

Kantor Cabang Bekasi:
Jalan Bintara Jaya Raya No. 3, Bekasi Barat 17136

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan Jend. S. Parman Gg. IVA No.8, Waru, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256

AnalyzerTOC